Wow, Virus Terbesar di Dunia Ditemukan

Wow, Virus Terbesar di Dunia Ditemukan - SANTIAGO - Tim peneliti yang melaporkan di jurnal Science mengungkap temuan mengenai virus dengan ukuran paling besar di dunia. Mikroorganisme dengan nama Pandoravirus ini tampak lebih besar dibandingkan virus-virus lainnya.

"Kami percaya bahwa kami tengah membuka kotak Pandora. Kami yakin telah menyentuh alternatif tree of life (pohon kehidupan)," kata peneliti Jean-Michel Claverie, seperti dilansir Softpedia, Jumat (19/7/2013).

Sebuah objek virus aneh ini pertama kali ditemukan di Las Cruce, Chili. Kemudian, spesialis mengidentifikasi jenis kedua dari virus ini di Melbourne, Australia.

Virus 'raksasa' yang pertama ini diberi nama Pandoravirus salinus, sedangkan yang kedua dinamakan Pandoravirus dulcis. Virus ini dikatakan dua kali lebih besar seperti Megavirus.

Mikroorganisme ini kabarnya 1.000 kali lipat lebih besar daripada virus flu biasa dan bisa dilihat dengan jelas di bawah mikroskop biasa. Kabarnya, virus ini memiliki sekira 2.556 gen, di mana 7 persen dari gen tersebut mirip dengan organisme lain.

Ilmuwan menduga asal usul Pandoravirus berbeda dari kebanyakan bentuk kehidupan mikroorganisme. Virus ini hidup di bawah air dan bukan merupakan ancaman bagi manusia. (fmh)


Wow, Virus Terbesar di Dunia Ditemukan
(Foto: Softpedia)

 

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/07/19/56/839636/waw-virus-terbesar-di-dunia-ditemukan

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda



Comments