Wisata Sungai Umbulan (Umbul Rejo)

Wisata Sungai Umbulan (Umbul Rejo)- Bagi Anda para wisatawan yang berada di kota Malang, ada tempat wisata yang menarik untuk kita kunjung beserta keluarga Anda. Dilihat dari nama "Umbulan" memang terdengar asing di telinga kita, akan tetapi tempat ini cukup terkenal di wilayah Kepanjen dan sekitarnya.

Sungai Umbulan berlokasi di dusun Ubalan, desa Maguan, kecamatan Ngajum, kabupaten Malang, jarak dari pusat kota Malang ke desa ini hanya +35 km. 

Perlu kita ketahui, sumber mata air di Sungai Umbulan ini dikelola oleh pemerintah setempat (khususnya PDAM) sebagai sumber mata air yang dialirkan langsung ke 2 kecamatan, yaitu : kecamatan Pakisaji dan kecamatan Kepanjen sebagai sumber air bersih atau air minum.

Menurut masyarakat daerah setempat, Sungai Umbulan ini memiliki banyak sekali keistimewaan, "konon" hanya dengan mandi di sungai ini kita bisa awet muda, ada yang bilang jika kita mempunyai suatu keinginan ataupun permintaan seperti : ingin punya anak, ingin naik pangkat, ingin segera mendapatkan pekerjaan dan lain-lain. 


Wisata Sungai Umbulan (Umbul Rejo)

Perlu kita ketahui juga, setelah keinginan kita itu terkabul, biasanya orang tersebut mengadakan syukuran di tempat ini, memberikan sesaji seperti Nasi Tumpeng dan lain-lain. Sebelum kita berdo'a kepada Tuhan YME, kita diwajibkan membersihkan diri di sungai ini.

Catatan : Sungai Umbulan ini hanya sebagai media perantara, sebagai sarana dan prasarana berdo'a kepada Tuhan, bukan memuja pada mahluk halus ataupun syetan.

Setiap tahun, tepatnya pada malam 1 syawal (Hari Raya Idul Firi) sekitar jam 00:00-sebelum matahari terbit akan banyak penduduk setempat yang berdatangan di sungai ini untuk mandi bersama dan berdo'a sesuai keinginan masing-masing. 

Sebelum 1 Muharam selalu diadakan hajatan atau syukuran satu kelurahan secara beramai-ramai dengan mengadakan Bersih Desa, memberikan sesaji di sungai Umbulan serta mengadakan pesta rakyat.

Best of Luck yah

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda



Comments