4 Hal Penyebab Sakit Kepala

4 Hal Penyebab Sakit Kepala - Seperti yang kita ketahui, semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Sakit itu akan kita alami setelah kepala kita terkena benturan benda padat, karena terkena sinar panas matahari, saat mendengar bayi menangis, saat memikirkan masalah yang sedang kita hadapi seperti tagihan listrik, air, biaya sekolah, dan tagihan bentuk lain yang menumpuk. 

Sebenarnya, banyak hal yang bisa memicu datangya sakit kepala. Meski begitu, ada jenis sakit kepala yang biasanya disebabkan bukan oleh hal-hal wajar di sekitar Anda.

Di bawah ini ada beberapa penyebab sakit kepala yang sering terlewatkan dan bahkan tak diketahui. Apa saja itu ? Berikut adalah beberapa hal remeh yang seringkali justru bisa memicu rasa sakit pada kepala, seperti dilansir oleh Men’s Health (26/02).

1. Stres

Tahukah Anda ? Stres tidak hanya berkaitan dengan kesehatan mental, akan tetapi juga bisa memicu masalah pada tubuh Anda. Sebuah penelitian terbaru mengonfirmasi bahwa stres juga bisa memicu sakit kepala sungguhan. 

Hasil ini ditemukan oleh peneliti di Jerman setelah mengamati 5.000 orang dalam waktu dua tahun. Mereka mengamati tingkat stres yang dialami oleh partisipan dan mencatat kemungkinan mereka terkena sakit kepala atau migrain.

Peneliti menemukan bahwa setiap ada penambahan 10 poin rasa stres (dari maksimal 100 poin), kemungkinan seseorang mengalami sakit kepala akan naik hingga 6,3 persen. Jika stres adalah yang menyebabkan Anda sakit kepala, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti melakukan terapi atau pijat. 

Pijat akan membantu Anda lebih rileks dan tenang, serta membantu menghilangkan stres. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mencegah sakit kepala akibat stres.

 

4 Hal Penyebab Sakit Kepala



2. Kurang mengkonsumsi air putih (air mineral)

Tahukah Anda ? Kurang mengkonsumsi air putih tidak hanya membuat tubuh kita dehidrasi atau kekurangan cairan, bahkan juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya seperti sakit kepala. Hasil ini ditemukan oleh peneliti di Belanda. Mereka mengamati 2 (dua) kelompok yang diminta mengonsumsi lebih banyak air setiap hari. Peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak air mengalami penurunan rasa sakit kepala atau penurunan risiko terkena sakit kepala.

Dari hasil tersebut peneliti kemudian menyimpulkan bahwa dehidrasi bisa menyebabkan volume darah menurun. Hasilnya, pembuluh darah akan terpengaruh dan menyebabkan rasa sakit pada kepala. Jika Anda ingin menghindari sakit kepala, ada baiknya mengonsumsi cukup air setiap hari dan jangan sampai mengalami dehidrasi.

3. Kebiasaan Mengunyah Permen Karet

Tahukah Anda ? Sebelumnya penelitian mengungkap bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan fokus. Hal ini membuat banyak orang mengunyah permen karet saat bekerja. 

Selain itu, banyak yang mengonsumsi permen karet untuk membuat napas mereka lebih segar. Sebenarnya ini adalah hal wajar yang sudah dilakukan banyak orang. Namun sebuah penelitian di Meir Medical Center, Tel Aviv, mengungkap bahwa "terlalu banyak" mengunyah permen karet juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Penelitian mengamati bahwa orang yang biasanya mengunyah permen karet dan menghentikan kebiasaannya tersebut mengalami penurunan frekuensi sakit kepala. Peneliti berpendapat bahwa pemanis buatan aspartame yang terdapat dalam permen karet merupakan penyebab sakit kepala. 

Selain itu, gerakan mengunyah akan menyebabkan tekanan pada rahang dan tengkorak sehingga bisa memicu rasa sakit pada kepala. Jika Anda sering mengalami sakit kepala dan memiliki kebiasaan mengunyah permen karet, coba hentikan kebiasaan tersebut dan lihat hasilnya.

4. Depresi

Tanpa kita sadari, terkadang depresi juga bisa memunculkan gejala secara fisik. Penelitian mengungkap bahwa pada pria, depresi biasanya muncul dalam bentuk sakit kepala. 

Sementara pada wanita, depresi biasanya memicu masalah pencernaan. Yang lebih parah, depresi seringkali tak terlihat dan terdeteksi, sehingga sulit mengetahui apakah sakit kepala yang diderita merupakan salah satu gejala depresi.

Meski begitu, peneliti dari University of Oxford mengungkap bahwa depresi bisa mempengaruhi kinerja saraf pada otak dan membuat seseorang merasakan sakit yang lebih parah ketika sakit kepala. Selain sakit kepala, depresi biasanya juga dibarengi dengan gejala lain seperti susah tidur atau mudah marah

Semoga Bermanfaat
Sumber : http://hob-by.com/4-penyebab-sakit-kepala-yang-jarang-diketahui/

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda



Comments