Sering Makan Bersama Keluarga Cegah Sakit Mental

Sering Makan Bersama Keluarga Cegah Sakit Mental-Perlu kita ketahui, makan bersama keluarga di rumah ternyata banyak hal-hal positif yang kita peroleh, bukan hanya mempererat ikatan tetapi juga bisa mencegah seseorang mengalami sakit mental. Berdasarkan kajian, banyak anak muda yang mendapat perawatan mental ternyata jarang makan bersama keluarga.

Menurut kajian tersebut, sering melakukan aktivitas bersama keluarga terkait dengan kesehatan mental yang baik di kalangan kaum muda. Berdasarkan kajian yang mereka lakukan, para kaum muda yang berkunjung ke rumah sakit jiwa kebanyakan hanya makan bersama keluarga kurang dari lima kali seminggu. 

Sedangkan teman-teman mereka yang sehat biasa makan bersama keluarga sekurang-kurangnya enam kali seminggu, begitu menurut penelitian di Spanyol.

Penyelidikan diterbitkan di Journal of Epidemilogy and Community Health mengamati 259 orang muda yang tinggal dengan orang tua mereka. Sebanyak 82 orang mendapat perawatan untuk menangani masalah depresi dan rasa bimbang. "Makan bersama keluarga sehari-hari bukan hanya mempersatukan keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan mental menjelang dewasa" kata penyelidik itu.

Para kaum muda yang sehat itu tampaknya sering mengikuti pesta-pesta keluarga, bertamasya/rekreasi atau liburan dan juga aktifitas lainnya. Tetapi kelompok kaum muda itu memeliki waktu yang sama dalam melakukan aktifitas menonton TV.

Menjawab sebuah pertanyaan tentang cinta dalam keluarga, sebagian besar kaum muda yang sehat menjawab mereka dicintai keluarga. Sebaliknya yang mengalami masalah kesehatan mental melihat keluarga mereka tidak berfungsi sebagai keluarga. 


Satu dari partisipan yang sakit jarang yang merasa puas dan mendapat dukungan dari keluarga mereka, dibandingkan dengan jumlah kurang dari 7 % dari anak yang sehat. Faktor yang mempengaruhi hal ini antara lain, tingkat pendidikan orang tua, status pekerjaan,dan jumlah anggota keluarga, yang sama dengan kelompok lainnya yang diteliti dalam penyelidikan ini.

Salam Persahabatan
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda


Comments