Songgoriti : Wisata Pemandian Air Panas Alami (PAPA)

Songgoriti : Wisata Pemandian Air Panas Alami (PAPA) - Di Batu City, ada sebuah tempat wisata yang sangat menarik untuk kita kunjungi bersama keluarga tercinta. Obyek wisata Songgoriti berlokasi di sebuah lembah gunung, tepatnya berada di desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kabupaten Malang.
 

Wisata Songgoriti memiliki nuansa alam yang hijau nan alami sehingga akan memberikan suasana yang sejuk dan nyaman. Selain candi, banyak sekali tempat yang bisa kita kunjungi di wisata Songgoriti, seperti : Pemandian Air Panas, Pasar Wisata dan Kolam Renang. 

Perlu Anda ketahui, untuk pasar wisata ini, jangan sampai terlewat dikunjungi ya, mengapa demikian ? karena Anda akan menjumpai banyak aneka souvenir asli khas kota Malang, beserta produk makanan khas'nya. 

Disamping itu, terdapat pula pasar yang menjual tanaman hias khas kota Batu dan pasar Kelinci hias. Di sekeliling obyek, akan banyak di jumpai banyak vila untuk menginap dengan kisaran harga yang sangat terjangkau.

Songgoriti terletak + 3,4 km dari pusat kota Batu. Songgoriti terkenal dengan sumber air panas'nya yang menyehatkan dan wilayah'nya yang sejuk. Di kawasan ini, terdapat juga Candi Songgoriti dan Makam Mpu Supo berdiri .

Area disekitarnya diramaikan dengan banyaknya hotel dan villa, berdekatan langsung dengan pasar wisata yang menjual berbagai macam kerajinan, tanaman hias, serta souvenir khas Batu.

Untuk nama “Songgoriti” itu sendiri berasal dari "bahasa jawa kuno" yang berarti “Timbunan Logam” hal ini tentu masih ada kaitan'nya dengan nama desa Songgokerto yang berarti “Timbunan Kemakmuran” Nama ini kemungkinan berkaitan dengan sebuah Prasasti yang ditemukan tidak jauh dari situs candi yaitu Prasasti Sangguran atau Batu Minto bertarikh 850 Syaka atau 928 M, yang dikeluarkan atas perintah Raja Wawa.

 

Songgoriti : Wisata Pemandian Air Panas Alami (PAPA)
Songgoriti : Wisata Pemandian Air Panas Alami (PAPA)

 

Prasasti yang ditemukan di dukuh Ngandat, kota Batu ini, memberitakan bahwa Raja dan Mahamantri I Hino Pu Sindok bernazar untuk menjadikan desa Sangguran sebagai wilayah watak Kanuruhan suatu perdikan dari Bhatara di suatu bangunan suci yang ada di daerah Sima Kanjurugusalyan di Mananjung. Yang menarik dari prasasti ini adalah disebutkannya sima khusus bagi para juru Gusali, yaitu para Pandhe (logam). Ini sesuai dengan nama-nama desa di sekitar candi Songgoriti berada.

 

Songgoriti : Wisata Pemandian Air Panas Alami (PAPA)
Songgoriti : Wisata Pemandian Air Panas Alami (PAPA)


Banyak tempat yang bisa dikunjungi di kawasan ini, dari kolam renang, tempat pemandian air panas, pasar wisata yang menjual beraneka ragam souvenir serta jajanan khas kota Batu. Oh ya, di kawasan ini anda juga bisa menemui sebuah candi peninggalan kerajaan Majapahit yaitu Candi Supo yang menurut kepercayaan masyarakat sekitarnya biasa digunakan untuk mencuci pusaka.


Taman dan Kolam Renang

Pemandian dan Taman Rekreasi Tirta Nirwana atau yang oleh masyarakat lebih dikenal dengan sebutan Songgoriti, merupakan salah satu ikon wisata Kota Batu sebelum hadirnya tempat-tempat rekreasi dengan konsep-konsep yang sangat berbeda dari para pendahulunya. Dengan tiket masuk seharga Rp 9000,-  kita sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan serta dapat bersantai melepaskan penat rutinitas yang begitu melelahkan.

Seperti namanya, yaitu Tirta Nirwana, maka unggulan utama dari Songgoriti adalah kolam renang, di samping unggulan-unggulan lainnya seperti sepeda air dan taman bermain untuk anak-anak yang begitu luas. 

Bagi anda yang hanya sekedar ingin duduk-duduk santai dengan anggota keluarga atau kolega anda, disediakan juga sebuah tempat yang cukup luas dengan pohon-pohon yang rindang dan rerumputan hijau yang begitu menyejukkan mata.

Semilir angin yang berhembus ringan dari alam sekitar membuat anda serasa tenang dan perlahan-lahan mengantuk. 

Paralayang

Dari tempat  taman dan kolam renang Songgoriti menuju tempat paralayang tidaklah jauh. Hanya sekian menit kita bisa ke sana.

Di atas kawasan wisata ini yang tepatnya berlokasi di puncak “Bukit Banyak”, Anda bisa menemui kawasan yang diperuntukkan untuk olahraga paralayang. Hanya dengan Rp. 250.000 anda bisa menikmati indahnya Kota Wisata Batu dari udara dan ini bisa menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Anda yang memang hobby dengan olahraga ini.

 

Songgoriti : Wisata Pemandian Air Panas Alami (PAPA)
Gadis Asal Kepanjen

 

 Pasar Wisata Songgoriti

Pasar wisata adalah jantungnya kawasan wisata Songgoriti, dimana masyarakat sekitarnya banyak yang berjualan souvenir, alat-alat rumah tangga seperti wajan/penggorengan, cobek batu, dll. Ada juga yang berjualan mainan anak-anak baik yang berbahan kayu atau plastik. Dari sisi agrobis, kawasan wisata ini juga diwarnai dengan penjual beraneka ragam tanaman hias, bunga-bunga an hingga buah-buahan. Ada juga yang berjualan binatang peliharaan seperti kelinci, hamster, marmut, burung, dll.


Sepeda Dunhil

Di kawasan Songgirti juga cocok untuk acara-acara yang sering digelar seperti gerak jalan sehat HASH, sepeda Dunhill.

Jadi, Kalau anda mengunjungi Kota wisata Batu, pastikan Anda mengunjungi Kawasan wisata Songgoriti. Kawasan sejuat villa yang berada di lembah nan hijau. Yang berada di lembah “Bukit Banyak” menawarkan tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi.


Semoga Bermanfaat

Sumber :  http://ayikngalah.wordpress.com/2012/04/26/dengan-kalian-di-wisata-songgoriti-kota-batu/
#di ambil dari berbagai sumber

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda



Comments