Jenis Kandungan Vitamin Pada Buah-Buahan

Jenis Kandungan Vitamin Pada Buah-Buahan - Tahukah Anda ? Demi menjaga kesehatan tubuh, selain rajin berolahraga, kita disarankan agar selalu mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. 

Akan tetapi, kita harus berhati-hati pada saat ingin membeli buah, Mengapa demikian ? Karena kebanyakan buah-buahan yang diperjual-belikan sekarang ini, banyak yang sudah terkontaminasi bahan kimia seperti pestisida, formalin dan obat kimia lainnya.

Banyak orang berpendapat "bisnis tetaplah bisnis" seorang pedagang akan melakukan apapun demi mencapai sebuah keuntungan besar. Korban dari kejamnya bisnis ini adalah konsumen. Maka dari itu, perhatikan secara seksama sebelum membeli sesuatu.

Kurangnya asupan nutrisi maupun vitamin, maka tubuh kita akan lebih mudah terserang penyakit, dikarenakan metabolisme tubuh kita terganggu. Dan untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin ini bisa didapat dengan berbagai jenis suplemen atau vitamin yang terdapat dalam buah-buahan.


Nah, Salah satu yang terbaik untuk mencukupi kebutuhan vitamin oleh tubuh kita, sebaiknya  banyak mengkonsumsi buah-buahan. ini karena vitamin yang terdapat dalam buah adalah alami, jika dibandingkan dengan vitamin dalam bentuk kapsul atau pill, vitamin alami lebih unggul. Namun kadang-kadang kita kurang memahami apa saja kandungan vitamin yang terdapat dalam banyak jenis buah.

Sebelum kita mengkonsumsi berbagai vitamin terlebih dulu, alangkah baiknya kita mengenali fungsi-fungsi atau manfaat dari vitamin tersebut.

Manfaat Vitamin A


Vitamin A, sangat dikenali sangat membantu dan berguna untuk mencegah masalah gangguan mata. 

Selain dari itu, manfaat vitamin A juga dipercaya untuk mencegah dan membantu  masalah penyakit kulit dan sebagai antioksidan yang kuat, yang mana fungsi antioksidan sudah sangat kita kenali untuk mencegah penuaan dini dan sebagai benteng tubuh dari penyakit kanker.

Manfaat Vitamin B

Vitamin B ini Memiliki manfaat untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan virus,penyakit beri-beri, memperkuat tulang dan gigi, menjaga fungsi otot,kesehatan kulit, mata, saraf, serta menjaga fungsi otak. Vitamin B sangat memiliki peran penting untuk pembentukan sel darah merah baru.

Manfaat Vitamin C

Semua orang rata-rata telah mengetahui manfaat Vitamin C ini, adalah antioksidan yang paling baik. 

Vitamin C juga penting untuk memperbaiki pertumbuhan jaringan tubuh yang rusak, sangat dibutuhkan tubuh untuk penyerapan zat besi, dan sangat baik untuk menghambat perkembangan sel-sel kanker (penyakit kanker). 

Selain itu, manfaat vitamin C mampu memberi kekuatan untuk tulang dan gigi.

Manfaat Vitamin D

Manfaat vitamin D yang paling utama bagi tubuh adalah untuk kesehatan kulit dan membunuh virus dan bakteri yang terbukti merugikan kesehatan. 

Dengan kecukupan asupan vitamin ini, akan membantu tubuh menghambat berbagai serangan penyakit yang berhubungan dengan kekebalan. Vitamin D sangat penting juga untuk tulang dan gigi agar kuat dan tanpa ada masalah keropos.

Nah, demi untuk mempermudah anda untuk mengetahui kandungan vitamin yang terdapat dalam buah-buahan, maka saya saya sertakan rangkuman dalam tabel di bawah ini:

Jenis Kandungan Vitamin Pada Buah-Buahan

Kandungan Vitamin Dan Mineral Buah   

Buah Apel
Sekitar 85% dari berat apel terdiri dari air, dan dari 9% terdiri dari gula, untuk karakteristik kimianya 12%, tidak memiliki kontraindikasi bagi penderita diabetes. Buah apel memiliki vitamin yang sangat penting seperti vitamin A, B1, B2, C , asam organik, mineral dan elemen seperti kalsium, klorin, zat besi, tembaga, magnesium, belerang, potasium, fosfor. dan yang paling akhir ada pektin yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.
 
Buah Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya protein dan lemak, saat ini kedua dalam persentase hampir sebanding dengan buah zaitun. Sangat kaya akan vitamin A, B1, B2, B6, D, E, K,. Buah Alpukat adalah bundel nyata dari energi, per 100 gram daging buah adalah gula 7%, lemak 19%, dan hampir 2% protein.   

Buah Delima

Seperti pada kebanyakan jenis buah-buahan yang lainnya, Buah delima juga mengandung cukup tinggi sejumlah vitamin antara lain vitamin  A, vitamin C, dan vitamin  E, Bukan hanya sekedar kandungan Vitamin yang dimiliki buaha deliama ini, Senyawa-senyawa lain juga terdapat didalam buah delima antara lain mineral-mineral dan kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan menjaga tulang agar tetap sehat tidak mudah keropos (osteoporosis).

Buah Jeruk

Sementara kandungan vitamin pada buah jeruk adalah, vitamin A, B1, B3 dan B5, dan jumlah yang paling berlimpah adalah vitamin C, sebuah fakta yang telah membuat buah jeruk jadi terkenal untuk khasiat-nya menjadi bermanfaat bagi tubuh manusia. Juga hadir dalam jumlah kecil vitamin J dan vitamin E. Sebaliknya ini asam amino: asam aspartat dan asam glutamat, arginin, glisin, lisin, prolin, serin, tirosin dan treonin.

Buah Mangga
Selain vitamin A, Mangga memiliki semua jenis vitamin kelompok B, vitamin C, D, E, dan K . Juga terdapat asam amino yang sangat baik bagi kesehatan, di antara yang paling penting untuk keperluan tubuh kita termasuk arginin, lisin, asam leucine, aspartat dan serin.

Buah Pepaya
Buah Pepaya terbentuk dari sekitar 87% air dan 13% dari karbohidrat, vitamin, dan berbagai mineral. Sangat penting buah pepaya memiliki aksi antioksidan, kehadiran vitamin C, vitamin E, dan vitamin A memiliki sifat regenerasi jaringan epitel. Di antara mineral yang ditemukan dalam buah pepaya adalah kalsium, zat besi, fosfor, magnesium dan vitamin yang hadir antara lain riboflavin, niasin dan tiamin.

Buah Semangka

Buah Semangka terdiri (94%) Kandungan Air, persentase yang sangat kecil dari protein dan serat makanan, karbohidrat, mineral (natrium, kalium, zat besi, fosfor dan kalsium, vitamin A dan C riboflavin, niasin (vitamin PP), (vitamin B2) dan tiamin (vitamin B1) Untuk menggarisbawahi adanya likopen pada buah semangka yang memberikan warna merah yang khas, dalam Buah tomat cara yang sama-sama sangat kaya akan likopene.

Nah, setelah memahami akan pentingnya peran buah-buahan dalam menjaga kesehatan tubuh, kita wajib menkonsumsinya setiap hari sesudah makan. Akan lebih baiak, jika kita mau memenuhi kebutuhan tubuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan "4 sehat 5 sempurna"

Semoga Bermanfaat
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda


Comments