Penyebab Troubleshooting Pada Komputer Kita

Penyebab Troubleshooting Pada Komputer Kita - Seperti yang kita ketahui, komputer secara lambat laun pasti mempunyai masalah, baik dari segi fungsi ataupun kinerja komputer tersebut. Memahami akan arti Troubleshooting komputer. 

Troubleshooting adalah adanya suatu masalah atau adanya ketidak normalan pada komputer kita. Masalah komputer atau troubleshooting dibagi menjadi 2 troubleshooting hardware dan troubleshooting software.

Troubleshooting hardware biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati dan lain sebagainya. Sedangkan troubleshooting software ditandai dengan lambatnya kinerja komputer dan lain-lain. 

Meski tidak menutup kemungnkinan juga gejala-gejala lambatnya sebuah komputer terjadi tidak hanya pada software tetapi juga troubleshooting hardware.

1.KOMPUTER MATI
Ciri-ciri : Saat dihidupkan tidak ada tanda-tanda menyala, kipas pada prosesor mati dan lampu LED indikator tidak menyala.

Kemungkinan : Melihat ciri-ciri tersebut, kemungkinan mainboard tidak mendapatkan arus listrik.

Solusi : Periksa lah kabel power sudah terhubung dengan baik pada listrik PLN. Jika sudah tetapi tidak menyala periksa konektor AT/ATX yang terhubung dari power supply ke mainboard, apakah sudah terpasang dengan benar. Jika masih tidak menyala, periksa konektor dari tombol power ke mainboard, apakah pemasangan pinnya sudah benar. 

Jika belum menyala juga, bongkar power supply (jika sudah tidak bergaransi lagi), periksa sekering'nya, jika putus ganti dengan yang baru. Jika belum menyala lagi, coba ganti dengan power supply yang lain (yang masih berfungsi dengan baik).

2.LAYAR TIDAK MENGELUARKAN GAMBAR
Ciri-ciri : komputer dan monitor dalam kondisi hidup tetapi monitor tidak mengeluarkan gambar, lampu indikator pada monitor berwarna oranye atau berkedip-kedip (tergantung jenis monitornya)

Kemungkinan : ada masalah antara konektor monitor dengan VGA atau VGAnya
Solusi : periksa apakah pemasangan kabel dari monitor ke konektor VGA sudah benar. Cek setingan VGA pada BIOS. Jika dicoba di komputer lain, VGA dan monitor bekerja normal, ada kemungkinan slot AGP/PCIEx kamu rusak (kalau yang ini seranhkan saja kepada tukang service terdekat)

3.KOMPUTER MENGELUARKAN BIP BERULANG
Ciri-ciri : mengeluarkan suaran bib berulang-ulang dan komputer tidak mau booting.

Kemungkinan : ada masalah pada module RAM.
Solusi : coba check apakah pemasangan RAM pada slot memory sudah benar, bersihkan debu pada slotnya dan pada pin RAM. Jika masih sama hasilnya, coba RAM kamu ke komputer lainnya. Jika pada komputer tersebut tidak menyala, kemungkinan besar RAM sudah rusak (kamu dapat me-retur RAM tersebut ke toko di mana kamu membeli RAM itu, karena biasanya RAM bergaransi seumur hidup)

4.KELUAR LAYAR BIRU SAAT BOOTING
Ciri-ciri : saat booting keluar layar biru

Kemungkinan : ada masalah pada transfer data pada harddisk dan mainboard
Solusi : Coba check kabel data harddisk apakah pemasangan sudah benar, jika ada salah satu kabel data (pada kabel ATA) yang terbakar atau rusak, ganti dengan yang baru. 

Coba harddisk pada komputer lain (jadikan slave dengan mencopot jumpernya dibagian belakang harddisk). Jika setiap kali booting komputer meminta scan pada drive harddisk yang baru saja dipasang, ada kemungkinan harddisk tersebut mengalami bad sector.

5.KOMPUTER GAGAL BOOTING DAN RESTART TERUS
Ciri-ciri : saat booting komputer restart
Kemungkinan : daya power supplay kurang, baterai CMOS tidak menyimpan listrik, Sistem Operasi (OS) rusak.
Solusi : cek power supply, apabila tidak berfungsi ganti dengan power supply yang lainnya. Ganti baterai CMOS dengan yang baru (jika mainboard masih garansi lebih baik di retur). Jika semua sudah dicoba tetapi masih gagal booting , ada kemungkinan OS rusak, disarankan untuk repair OS kamu daripada install ulang, dikarenakan lebih hemat waktu. Tapi jika ingin di install ulang juga tidak masalah.


Penyebab Troubleshooting Pada Komputer Kita

 

Sebenarnya masih banyak permasalahan komputer yang lainnya dengan ciri-ciri di atas, namun kemungkinan masalahnya berbeda atau sebaliknya. Di dalam postingan ini hanyalah beberapa masalah-masalah komputer yang sering kita temui. Jika sudah tahu permasalahannya, utak-atik lah dulu, barang kali bisa normal kembali, dan pastinya bisa menghemat kantong kita.

Semoga Bermanfaat
Sumber Artikel Meliputi :
rajuhilmansyah.blogspot.com
http://ichibanha.blogspot.com

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda



Comments